Pages

Jumat, 12 September 2014

Peran Manajemen dalam Menjalani Hari


Mendengar kata manajemen pasti pikiran bawah sadar seseorang memaknai kata tersebut adalah kegiatan yang sifatnya memanej, mengatur, mengolah sebuah organisasi. Selain memaknai juga langsung mengarah pada jurusan perkuliahan yang terdapat di berbagai universitas.  Memang tidak salah memaknai manajemen adalah kegiatan-kegiatan tersebut. Namun saya rasa kurang tepat, kenapa???. Sebab kalau dimaknai memanej, mengatur dan mengolah sebuah organisasi terkesan seolah-olah manajemen hanya bisa diterapkan dalam sebuah instansi/organisasi. Selain itu tidak. Sedangkan makna yang tepat dari manajemen adalah  mendayagunakan segala sesuatu untuk mencapai tujuan. Perlu di ingat!!!Tujuan sama arti dengan keinginan. Bukan hanya organisasi saja yang memiliki keinginan, setiap manusia pun juga memiliki. Apalagi mengingat keinginan manusia yang bermacam-macam, pasti memerlukan strategi manajemen untuk memenuhinya. 

POAC adalah fungsi manajemen yang terdiri dari Planning (Merencanakan), Organizing (Mengorgansasikan), Actuating (Melaksanakan) dan Controlling (Mengevaluasi). Hubungan antara fungsi-fungsi manajemen yang satu dengan yang lain adalah saling bertautan. Saling pengaruh-mempengaruhi. Meskipun demikian fungsi perencanaan merupakan landasan dari fungsi-fungsi manajemen yang lain. Dalam sebuah organisasi fungsi manajemen sudah merupakan suatu kewajiban. Namun kali ini mari kita implimentasikan fungsi manajemen dalam kehidupan sehari-hari  sebagai strategi untuk mempermudah dalam mencapai segala apa yang kita inginkan. Terkadang tidak kita sadari bahwa kegiatan manajemen telah kita terapkan dalam keseharian. Contoh sederhana ketika dipagi hari kita sudah memiliki rencana bahwa jam 9 siang harus berada di kampus. Sebelum jam 9 sudah menyiapkan kebutuhan yang digunakan seperti : sepeda motor, tas, celana, baju, dll. Kemudian kita melakukan perjalanan dan tepat jam 9 pula akhirnya sampai. Setelah tiba di kampus kita mengevaluasi setiap kejadian selama dalam perjalanan. Contoh sederhana tersebut sudah termasuk kegiatan manajemen. Karena telah terdapat kegiatan perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Namun terkadang pula ketika menjalani hari banyak hal-hal yang tidak bermanfaat kita kerjakan, sehingga 1 hari yang terdiri dari 24 jam terisi oleh kegiatan yang bersifat negatif. Oleh karena itu mari kita terapkan strategi manajemen yang baik dengan menyusun kegiatan-kegiatan positif dalam keseharian dari mulai bangun pagi hingga menjelang tidur. 

Bangun tidur membiasakan untuk segera membuat perencanaan dengan menuliskan disebuah lembaran. Mengapa harus dituliskan?? Karena dengan tulisan maka akan lebih mudah di ingat. Tentu pula menjadi lebih mudah dilakukan. Dalam proses perencanaan seharusnya menyusun kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Setelah tertulis maka dilanjutkan dengan kegiatan mengorganisasi. Kalau dalam instansi kegiatan mengorganisasi dilakukan dengan membentuk struktur, pembagian tanggung jawab,  menentukan jadwal pelaksanaan dan menyiapkan peralatan-peralatan. Sedangkan dalam keseharian hendaknya kita mengorganisasi diri kita sendiri baik itu batin maupun fisik. Selain itu juga menyiapkan segala sesuatu yang nantinya bisa menjadi perangsang semangat dalam proses pelaksanaan. Bisa membangun motivasi, manajemen waktu, menyiapkan bahan, serta melatih otot-otot setiap anggota badan agar terasa ringan dibuat bekerja. Kemudian di ikuti kegiatan pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan harus sesuai dengan apa yang menjadi rencana dipagi hari agar kegiatan yang dilakukan tidak menyimpang. Menjelang petang baru melaksanaan evaluasi. Dalam bahasa arab adalah muhasabah. Mengevaluasi hasil pelaksanaan  yang dilakukan selama pagi hari hingga petang. Kalaupun ada hal-hal yang tidak sesuai, atau malah merugikan maka dijadikan sebuah pembelajaran untuk memperbaiki kegiatan manajemen di esok hari.


Athif
Sambogunung, 12 September 2014